Kamis, 06 Desember 2012

Apa itu PHP

PHP
 
PHP singkatan dari PHP Hypertext Preprocessor yang digunakan secara luas sebagai bahasa scripting khususnya untuk pengembangan aplikasi web sebab dapat disisipkan ke dalam HTML. PHP merupakan aplikasi bebas (Open Source Software).

Contoh 1: Script PHP pertama
<html>
<head>
<title>Contoh</title>
</head>
<body>
<?php
echo "Aku sekarang bisa PHP!";
?>
</body>
</html>
1.2 Apa yang dibutuhkan?


Untuk menjalankan skrip PHP, kita membutuhkan Web server seperti Apache (http://httpd.apache.org) dan sudah barang tentu PHP (http://www.php.net). Untuk konektivitas dengan database bisa digunakan MySQL (http://www.mysql.com) atau PostgreSQL (http://www.postgresql.org).


1.3 Apa itu MySQL?

MySQL adalah sebuah server buatan T.c.X DataKonsultAB, Swedia. MySQL didesain untuk dapat berjalan sampai 100 akses secara simultan dan bekerja secara cepat sehingga cocok untuk aplikasi web/internet yang membutuhkan kecepatan tinggi untuk pemrosesan dan penyimpanan data. MySQL mampu berjalan pada database sampai 100 GB, cukup menakjubkan untuk sebuah software gratis dan bebas (free).
2. Instalasi

Langkah awal adalah dengan mendownload semua aplikasi yang dibutuhkan di situsnya masing-masing. Gunakan versi terakhir dan stabil. Setelah itu instal dengan menggunakan installer atau hanya diekstrak (jika berbentuk file zip).

Instalasi Apache dapat digunakan installer yang tersedia. Jika diinstal di Windows XP, Apache akan langsung terkonfigurasi secara otomatis sebagai service, begitu pula dengan MySQL.

Ada dua cara menginstal PHP di sistem windows yaitu dengan cara manual atau dengan menggunakan InstallShield installer.

Windows InstallShield

Instaler Windows PHP dapat didownload di http://www.php.net/downloads.php, berupa versi CGI dan dapat mengkonfigurasi IIS, PWS, and Xitami.

Installer akan memperoleh informasi yang cukup untuk membuat file php.inidan mengkonfigurasi web server untuk menggunakan PHP. Cukup dengan menjalankan installer, PHP akan terinstal di komputer Anda. Setelah menginstal, restart Windows Anda.

Instalasi Manual

PHP 4 untuk Windows ada dua yaitu CGI executable (php.exe), dan beberapa modul SAPI (misalnya: php4isapi.dll).

Untuk menginstal, caranya yaitu meng-unzip file php-VERSION.zip (VERSION merujuk pada versi php yang digunakan, misalnya versi 4.3.0), tempatkan di direktori C:\sebagai contoh awal. Setelah itu salin file php4ts.dll ke windows/system (Windows 9x/Me) atau winnt/system32 (for Windows NT/2000/XP) dan timpa file yang sudah ada lalu edit file httpd.conf milik Apache

JAVASCRIPT

Semenitpun Internet tidak akan berhenti berkembang , demikian juga dengan bahasa pemrograman berbasis web yang akan selalu berkembang, termasuk juga JavaScript, yang merupakan bahasa pengenalan awal sebelum kita benar benar serius terjun dan berkecimpung di dalam pengembangan aplikasi web. Pada artikel Pengantar JavaScript ini kita akan belajar dasar dasar pengenalan struktur bahasa dan cara kerja JavaScript dalam suatu dokumen HTML

SQL

Bahasa database adalah bahasa khusus yang ditetapkan pembuat DMBS (database management system), tentang cara berinteraksi/berkomunikasi antara pemakai dengan database. Bahasa ini terdiri atas sejumlah perintah yang diformulasikan untuk dapat diberikan oleh pengguna dan dikenali oleh DBMS. Salah satu bahasadatabase yang populer adalah SQL.
SQL (dibaca “ess-que-el”) singkatan dari Structured Query Language. SQL digunakan untuk berkomunikasi dengan database. Menurut ANSI (American National Standards Institute), SQL merupakan bahasa standar untuk sistem manajemen database relasional. Perintah SQL digunakan untuk melakukan tugas-tugas seperti update data, atau mengambil data dari database. Beberapa sistem manajemen database relasional umum yang menggunakan SQL adalah: Oracle, Sybase, Microsoft SQL Server, Access, Ingres, dan lain-lain. Meskipun sebagian besar sistem databasemenggunakan SQL, kebanyakan dari mereka juga memiliki ekstensi tambahan milik mereka sendiri yang biasanya hanya digunakan pada sistem mereka. Meskipun demikian, perintah-perintah SQL standar seperti “Select”, “Insert”, “Update”, “Delete”, “Create”, dan “Drop” dapat digunakan pada seluruh DBMS tersebut. Tutorial ini akan memberikan petunjuk pada Anda dasar-dasar perintah SQL serta penggunaanya dalam operasi database.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar